Saturday 1 October 2016

Haketat Mencintai dan Membenci

أحبب حبيبك هونا ما عسى أن يكون بغيضك يوما ما # وأبغض بغيضك هونا ما عسى أن يكون حبيبك يوما ما

Kalimat tersebut pertama kali saya dapatkan saat belajar buku Tamrin Lughah Jilid 2 di Gontor. Saat itu saya belum bisa memahami arti dari kalimat tersebut, hanya saja saya tertarik dengan sajak yang ada di dalamnya. Hingga akhirnya ada guru saya yang menjelaskan makna dari kalimat tersebut.

"Cintailah apa yang kamu cintai sekedarnya saja, karena bisa jadi ia akan menjadi musuhmu suatu saat nanti. dan Musuhilah musuhmu sekedarnya saja karena bisa jadi akan menjadi yang kamu cintai suatu hari nanti" (panjangan banget yaa artinya, hehee...)

Maksud dari pepatah Arab berikut adalah jangan sampai kita terlalu fanatik atas apa yang kita cintai ataupun kita musuhi. Yang terlalu kita cintai bisa jadi akan menjadi yang kita benci, sedangkan yang kita benci karena sangking kita bencinya malah bisa jadi kita cintai (saya pengalaman lhoo yang ini, hehehe). Karena hakekat cinta yang sebenarnya hanyalah pada Allah SWT. Semoga kita termasuk orang yang selalu mencintai Allah SWT dan dicintainya. Amin Ya Rabbal Alamin.



Emoticon Emoticon