Tuesday 4 October 2016

Pengalaman Menjadi Pemain Takraw di Gontor

"Takraw is Not Only a Fight, It's an Art"

di Gontor, para santrinya tidak hanya diajarkan untuk pintar mengaji, "Gontor itu mengajarkan kehidupan", begitulah kira-kira salah satu nasehat yang disampaikan pimpinan pondok. Para santri diajarkan berbagai macam ketrampilan hidup, sesuai dengan kesukaan dari setiap santri itu sendiri. Di situlah letak salah satu Panca Jiwa Gontor direalisasikan. Yaitu kebebasan. Semua bebas menjadi apa yang diinginkan, namun harus berlandaskan jiwa pesantren.

Termasuk menjadi olahragawan, banyak cabang olahraga yang bisa ditemukan di Gontor. Saya sendiri memilih takraw dan tenis meja. Salah satu keseruan dalam bermain takraw di Gontor adalah bisa bertemu banyak kawan dari berbagai daerah, bahkan dari Malaysia dan Thailand. Setiap tahunnya, terdapat turnament antar pondok (Muharram Cup) bagi para guru. di Situlah banyak keseruan dan pengalaman yang bisa didapat.

Bahkan, kalau nanti ada kesempatan membuat lembaga pendidikan pesantren, saya ingin mendirikan Pesantren dengan nama "Daru-r-Riyadhah", artinya pusat olahraga. Di sana main goalnya adalah menciptakan olahragawan yang ulama dan intelek. hahaha... mantap sekali kayaknya kl bener-bener terrealisasikan....


Pengalaman perdana ikut Muharram Cup 2010



Perfotoan bersama finalis Muharram Cup 2012, Gontor 2 VS ISID


Emoticon Emoticon