Friday 30 September 2016

Kutipan Inspiratif Kyai Hasan, Pimpinan Pondok Modern Gontor (Part. 3)

BARAT TIMUR mana yang sehat?
Akibat kecongkakannya meninggalkan dasar-dasar hidup bersama yang benar dan baik setelah runtuhnya Rusia, bangsa Barat menderita sakit jiwa/syaraf hingga sudah lama parah yang mereka sendiri tak mudah mengobatinya, kini mengarah kepada proses bunuh diri dan - "kurang ajar"nya - mengajak semua bangsa di dunia mengikutinya. Dan.....berhasillah dia! Timur mengikutinya!.



Zaman untung rugi, zaman instant generation. Zaman membengkaknya egoisme....komersialisasi pocketisme (sakuisme).al Imam al JAIBY. Masih banyak yang berpikiran kuno, kolot tapi fanatik, bangga lagi. Saya termasuk golongan ini.



LAKI - LAKI ITU PEMIMPIN DUNIA, SEDANGKAN WANITA YANG MELAHIRKAN PEMIMPIN DUNIA, tapi tidak kosongan tanpa perjuangan, tanpa pengorbanan, termasuk pengorbanan laki-laki.



Toleransi besar para pendiri merupakan unsur terpenting keberhasilan perjuangan pesantren dalam apa saja.



Secara diam-diam atau terang-terangan semua yang ada dalam kampus menjadi saksi hidup, dengan cerdas dan cermat membaca dan menilai kehidupan pesantren; sekaligus membuat rapor, sewaktu-waktu ditunjukkan kepada orang lain; hati-hatilah! tahan dirilah!




Emoticon Emoticon