Friday 30 September 2016

Kutipan Inspiratif Kyai Hasan, Pimpinan Pondok Modern Gontor (Part. 2)

Pesantren adalah lembaga pendidikan. Pondok Modern Gontor mendidik santri-santrinya untuk menjadi pendidik di berbagai medan. Santri-santri Gontor diharapkan mampu menjadi mujahid-mujahid yang membawa ‘bom spirituil’. Mujahid yang mampu ‘meledakkan’ masyarakat dengan gerakan-gerakan yang positif. Memberikan dampak yang baik kepada segenap lingkungannya.

Gontor mendidik mujahid yang mampu mengatakan ‘ya’ di saat harus berkata ’ya’. Dan mampu mengatakan ‘tidak’ di waktu ‘tidak’.

Semua orang mempunyai potensi, dalam diri kita sebenarnya terdapat sebuah potensi. Semua orang; besar kecil, kaya miskin, dan mungkin binatangpun mempunyai hasrat, watak,  bakat, minat untuk mencari perhatian.


Wawasan internasional! Awas! Jangan merubah apapun yang tidak boleh berubah, mengganti yang tidak boleh diganti. Waspadai yang mengabadikan (tidak membolehkan berubah) apa yang boleh berubah. Perlu DICURIGAI, DISELIDIKI barangkali ada maksud – maksud lain (mamalingkan idealisme) dibalik itu.


SEHATKAH  Anda? Keluarga? Bangsa?
Orang yang berbicara tentang kesehatan biasanya dokter, psikiater dkk. Tapi kalau sudah masuk masalah hati, jiwa dsb. Ini sulit ditemukan dengan tepat saking banyaknya kemungkinan.
Fenomena hati/batin kadangkala tak terbaca, salah baca saking absurd (tidak rasionil) nya.
Bayi lahir sehat jasmani, rohani itu idealnya.


Tapi sampai kapan ia sehat kedua-duanya?


Emoticon Emoticon